...
Inner Court_ Taman Terbuka yang Estetik di Dalam Rumah
Inner Court_ Taman Terbuka yang Estetik di Dalam Rumah

Inner Court: Taman Terbuka yang Estetik di Dalam Rumah

Sebagai wilayah tropis, udara di Indonesia kadangkala terasa lebih hangat, bahkan cenderung panas. Karena itu, banyak orang yang memasang AC di rumah guna meminimalisir panasnya suhu di dalam ruangan. Namun, AC adalah salah satu sebab terjadinya pemanasan global, yang tentu tidak baik bagi lingkungan. Nah, salah satu cara terbaik untuk mengatasi suhu panas dalam interior ruangan adalah dengan membangun inner court. -MegaBaja.co.id

Lantas, apa sih inner court itu? Mari lihat penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Inner Court?

Secara literal, arti inner court sendiri adalah halaman dalam. Yakni halaman yang letaknya di dalam sebuah rumah. Ada juga yang mengatakan bahwa inner court merupakan sebuah ruangan terbuka di dalam rumah yang keberadaannya dikelilingi oleh ruangan lainnya.

Apa Itu Inner Court?
Apa Itu Inner Court?

Arsitektur Jepang, Romawi, dan Meksiko telah lama menerapkan konsep dari ruangan terbuka ini dalam desain mereka. Ini berarti keberadaan inner court bukanlah hal yang baru. Melainkan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Luas inner court umumnya lebih dari tiga meter persegi. Kehadirannya membantu memberikan sirkulasi udara alami pada rumah. Sehingga, suhu udara di dalam rumah dapat diminimalisir. Tak hanya itu, pencahayaan di dalam rumah pun akan optimal.

Saat ini, banyak yang sengaja mengadaptasi konsep inner court di tengah huniannya. Pola ruang terbuka ini sering kali berupa huruf O atau U. Dengan posisi ini, penghuni rumah akan disuguhkan pemandangan yang menarik dengan jangkauan yang luas.

Kelebihan Inner Court

Selain menjadi tempat terbuka di dalam rumah, inner court juga memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menarik jika diterapkan di dalam desain rumah. Keunggulan tersebut misalnya:

Pencahayaan di Rumah Lebih Banyak dan Bebas

Dengan adanya inner court, pencahayaan rumahmu akan lebih banyak dan bebas. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, lho. Misalnya, dapat mengurangi mata lelah, membuat tidurmu lebih nyenyak dan meningkatkan mood.

Rumah Terasa Lebih Luas

Percaya atau tidak, inner court bisa membuat rumah terlihat lebih luas. Udara yang masuk juga lebih segar. Sehingga, akan membuat ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman. Jadi, jika rumah kamu sempit dan ingin membuatnya terlihat lebih luas, kamu bisa mempertimbangkan membangun inner court untuk mengatasinya.

Membantu Menghemat Energi

Tujuan utama inner court ditambahkan di dalam rumah adalah untuk mengurangi suhu panas di dalam ruangan melalui sirkulasi udara yang alami. Alhasil, ruangan menjadi lebih dingin dan terang. Tanpa harus menggunakan lampu, AC dan kipas angin terus-menerus. Itu berarti, kehadiran inner court bisa membantu menghemat energi.

Membuat Rumah Tampak Menarik secara Visual

Inner court bisa menjadi visual yang manis untuk rumah. Yang paling menjadi ciri khas dari inner court adalah tanamannya. Cukup dengan tanaman saja, ruangan sudah terlihat lebih cantik karena nuansa hijaunya.

Dapat Dijadikan Ruang Santai

Biasanya, inner court ditempatkan di area yang dikelilingi ruangan-ruangan penting. Seperti ruang makan, ruang keluarga atau ruang tamu. Nah, tempat tersebut bisa dimanfaatkan sebagai area bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Suasana di inner court yang nyaman membuat momen bersantai dan berinteraksi dengan keluarga menjadi lebih memuaskan dan berharga.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Terakhir, inner court memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan dan kebahagiaan penghuni rumah. Kehadiran area tanaman hijau di rumah akan menciptakan suasana rileks dan menyegarkan. Yang mampu meningkatkan kesehatan mental bagi semua anggota keluarga di rumah.

Kekurangan Inner Court

Meski inner court menyuguhkan banyak sekali kelebihan, tak dipungkiri bahwa konsep halaman ini memiliki aspek yang kurang menguntungkan. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

Butuh Perawatan Ekstra

Inner court hadir sebagai ruang terbuka dengan pepohonan dan tumbuhan. Yang mana, tentu kamu harus rutin merawat dan membersihkannya.

Berpotensi Menarik Banyak Nyamuk dan Lumut

Sebab sifatnya yang terbuka, maka saat hujan, cipratan lumpur bisa menjadi masalah untuk lantai atau ruangan sekitarnya. Tak hanya itu, desain inner court dengan kolam juga berpeluang mengundang nyamuk dan lumut apabila tidak dirawat secara teratur.

Oleh karena itu, desain inner court harus direncanakan dengan matang. Seperti misalnya dengan memerhatikan pembuangannya. Agar inner court dapat mencegah masalah-masalah seperti di atas.

Ingin menanam tanaman tapi tidak mau ribet? Ini dia tanamanyang mudah di rawat, Simak ulasanya tentang Tanaman Indoor yang Mudah Dirawat.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mendesain Inner Court

Dari manfaatnya yang ternyata baik untuk kesehatan dan visual rumah kamu, tertarikkah kamu untuk membangun inner court di rumah? Tapi, sebelum mulai membuatnya, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini.

Tentukan Atap yang Akan Digunakan

Tentukan Atap yang Akan Digunakan
Tentukan Atap yang Akan Digunakan

Umumnya, inner court identik dengan ruangan terbuka tanpa atap. Namun, jika kamu ingin menambahkan atap juga tidak masalah. Asalkan, pilih atap dengan hati-hati.

Sebaiknya, pilihlah atap dengan bahan yang tembus sinar matahari. Supaya cahaya matahari bisa masuk dan membuat ruangan menjadi terang. Kemudian, tambahkan lubang sesuai kebutuhan dengan ukuran yang pas sebagai sirkulasi udara di sisi-sisinya.

Letak Inner Court

Di mana inner court diletakkan akan menentukan apakah fungsinya maksimal atau tidak. Jadi, pastikanlah kamu memilih lokasi yang strategis. Yang bisa menghasilkan sirkulasi dan pencahayaan alami yang cukup. Contohnya, di area lahan samping atau belakang rumah. Atau bisa juga kamu membangunnya di tengah rumah agar bisa menjadi titik kumpul beberapa ruangan.

Jenis Tanaman yang Akan Ditanam

Jenis Tanaman yang Akan Ditanam
Jenis Tanaman yang Akan Ditanam

Keberadaan tanaman pada inner court sangat penting. Hal ini dikarenakan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan lancar. Namun sayang, tidak semua jenis tanaman cocok ditanam di area ini. Sebab, cahayanya terbatas hanya sekitar satu atau dua jam saja.

Beberapa pilihan jenis tanaman yang bisa kamu pertimbangan adalah palem, anthurium, dracaena fragrans, sansevieria, keladi, calathea, nanas hias, spathiphyllum, dan berbagai jenis tanaman lainnya yang cocok di tanam pada kondisi tersebut.

Sangat penting memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, pilih tanaman yang pas dengan lingkungan dan mudah untuk dirawat. Jangan lupakan juga ukuran tanamannya, agar tidak menganggu pemandangan di ruang terbuka.

Pilihlah Lampu yang Sesuai

Pencahayaan adalah hal yang krusial terutama saat gelap menjelang. Terdapat banyak jenis lampu yang dapat kamu pilih. Misalnya lampu LED. Lampu LED lebih irit juga tidak akan merusak tanaman di dalamnya. Karena lampu ini tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi inner court dengan lampu sorot. Mengingat area ini sering dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga. Lampu sorot dapat menciptakan suasana alami, nyaman dan menyenangkan.

Lengkapi dengan Komponen Dekoratif

Agar tampilan inner court terlihat lebih menarik, pikirkan terlebih dahulu apa saja elemen dekoratif yang akan kamu aplikasikan. Misalnya, bisa memasang batu alam seperti batu paras atau batu andesit untuk latar belakang inner court.

Karena sering menjadi tempat berkumpul, mungkin kamu bisa menambahkan gazebo yang sesuai dengan desain rumah. Ini bisa menciptakan suasana yang santai dan asik.

Perhatikan Aspek Keamanan

Selain segi kegunaan dan tampilan, jangan lupa perhatikan pula masalah keamanannya. Pastikan pencahyaan area inner court cukup dan baik agar tidak gelap dan berisiko saat malam. Cek pintu dan gerbang secara rutin. Agar privasi dan keamanan tetap terjaga.

Keadaan di Sekitar Lingkungan

Mempunyai inner court tentu harus dipertimbangkan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Perhatikan hal-hal mulai dari suhu, kelembaban, cuaca dan keamanan. Tidak lupa perhatikan juga kondisi tetangga atau masyarakat sekitar.

Inner court bukan hanya komponen penting di dalam desain rumah. Tapi, inner court juga menyatukan estetika dan fungsi untuk kesehatan, kebahagiaan serta kepedulian terhadap lingkungan. Ruang terbuka ini menjadi solusi yang baik untuk menciptakan ketenangan, khususnya untuk kamu yang tinggal di tengah kesibukan kota besar. Tertarik membangun inner court? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Just an ordinary people.