...
Rekomendasi 10 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah
Rekomendasi 10 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah

Rekomendasi 10 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah

Menyimpan tanaman hias di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah dekorasi. Namun tahukah kamu, ada berbagai tanaman hias yang tidak hanya cantik, tetapi juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara di dalam rumah. -MegaBaja.co.id

Dengan kemampuan tanaman-tanaman hias tersebut, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni untuk mempercantik rumah dan menyaring udara dalam rumah agar semakin bersih.

Ada banyak tanaman hias untuk di dalam ruangan yang bisa difungsikan sebagai pembersih udara dan menyerap zat-zat beracun. Bagi kamu yang tertarik untuk merawatnya, berikut 10 rekomendasi tanaman hias pembersih udara di dalam rumah yang bisa dipilih:

10 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Yang pertama adalah lidah buaya atau tanaman yang juga dikenal sebagai aloe vera, tanaman ini tidak hanya digunakan dalam pengobatan dan produk kecantikan, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pencuci mulut dan pembersih udara di dalam ruangan.

Menempatkan tanaman lidah buaya di dalam rumah dapat memberikan dampak positif pada kualitas udara. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida, formaldehida monoksida, dan karbon monoksida di dalam lingkungan rumah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga efektif dalam menyerap partikel formaldehida dan benzena yang biasanya dihasilkan oleh cat dan bahan pembersih rumah tangga. Oleh karena itu, menempatkan tanaman lidah buaya di dalam kamar mandi dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman. Kamu  juga dapat meletakkannya di sudut kamar untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur.

2. Karet Kebo (Rubber Plant)

Tanaman yang dikenal dengan nama karet kebo atau rubber plant memiliki keistimewaan tertentu. Getah yang dihasilkannya bisa digunakan untuk membuat karet. Sementara daunnya memiliki kepadatan serta kilau layaknya bahan karet.

Tampilannya yang sederhana dengan daun berbentuk oval membuat tanaman karet kebo cocok untuk rumah yang mengusung konsep minimalis modern. Selain memproduksi oksigen, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti air purifier, membersihkan udara di dalam rumahmu.

Tidak perlu khawatir mengenai alergi, karena rubber plant bersifat hypoallergenic. Meskipun secara alami di habitatnya karet kebo menghasilkan bunga dan serbuk sari, tetapi ketika ditanam di dalam ruangan, bunga tersebut tidak mekar. Dengan demikian, serbuk sari penyebab reaksi alergi tidak diproduksi.

3. Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman yang dapat membersihkan udara dengan cukup baik. Daunnya berwarna hijau dan kuning berkilauan karena lapisan lilinnya. Meskipun bersifat beracun, bukan berarti sirih gading tidak memiliki manfaat. Tanaman ini efektif menyerap polusi dan debu, serta meningkatkan kualitas udara. Selain itu, sirih gading juga menyumbangkan pasokan oksigen yang segar.

Kamu bisa menanam sirih gading dalam pot kecil atau menggunakan media air. Cukup persiapkan pot kecil transparan yang diisi dengan batu hias, lalu tambahkan air secukupnya. Dengan cara ini, kecantikan tanaman sirih gading akan terlihat lebih menonjol.

4. Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang sangat diminati. Daunnya berwarna merah dengan pinggiran dan batang berwarna hijau, memberikan tampilan yang cantik untuk ruangan di dalam rumah.

Sebagai tanaman hias indoor yang juga berfungsi sebagai penyaring udara, sri rejeki atau aglaonema memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat berbahaya seperti benzena, karbon monoksida, formaldehid, trikloretilen, dan sebagainya. Zat-zat ini dapat membahayakan kesehatan.

Simpan tanaman sri rejeki di kamar tidur untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida pada malam hari dan mengeluarkannya sebagai oksigen yang dapat kamu hirup.

Sri rejeki tidak memerlukan banyak air dan tidak memerlukan terlalu banyak paparan sinar matahari. Cukup siram dua kali seminggu dan tempatkan di tempat yang teduh sebagai perawatannya.

5. Anthurium

Anthurium
Anthurium

Namanya anthurium, atau yang sering disebut flamingo lily, merupakan bunga yang cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam rumah sebagai penyegar udara. Warna cerahnya memberikan nuansa tropis yang menyegarkan bagi rumahmu.

Selain tampilannya yang menawan, anthurium juga ahli dalam membersihkan udara. Tanaman cantik ini mampu menyaring polusi di dalam rumah, termasuk zat-zat berbahaya seperti ammonia dan formaldehida, sehingga udara di rumah terasa lebih segar.

Siram dua kali seminggu sudah cukup bagi anthurium. Selain itu, tidak perlu meletakkannya terlalu dekat dengan jendela, karena anthurium bisa tetap hidup dengan baik di ruangan yang teduh.

6. Krisan

Bunga krisan bisa menjadi tanaman hias di dalam rumah yang mampu membersihkan udara. Krisan atau chrysanthemum memiliki berbagai warna menarik, mulai dari putih, kuning, merah, hingga pink dan jingga.

Selain keindahannya yang menyenangkan mata, bunga krisan juga punya kemampuan untuk menghilangkan zat-zat beracun di udara, seperti ammonia, benzena, xylene, dan formalin.

Meskipun bisa tumbuh di dalam ruangan, sebaiknya krisan ditempatkan di luar ruangan terlebih dahulu lantaran sinar matahari yang cukup dibutuhkan bunga krisan. Setelah bunga krisan mulai bermekaran, Kamu bisa memindahkannya ke dalam ruangan dengan pencahayaan yang memadai. Pastikan juga tanahnya selalu lembab untuk menjaga kesehatan tanaman.

7. Palem Kuning

Tanaman hias pembersih udara berikutnya adalah palem kuning. Jika dibandingkan dengan palem bambu yang punya batang lebih tinggi, palem kuning lebih bercabang dan terlihat lebih rimbun.

Selain mampu membersihkan senyawa beracun di udara, palem kuning juga cocok dijadikan tanaman hias di dalam rumah karena pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan palem bambu. Jika kamu letakkan di dalam rumah, palem kuning bisa tumbuh hingga dua meter.

Pastikan palem kuningmu tetap dapat menerima cahaya matahari dengan menaruhnya dekat jendela. Palem kuning akan tumbuh lebih baik dengan paparan sinar matahari langsung.

8. Gerbera Daisy

Gerbera Daisy
Gerbera Daisy

Bunga cantik ini ternyata bisa jadi pilihan bagus sebagai tanaman pembersih udara dan dekorasi menarik di dalam ruangan, lho! Gerbera daisy mampu menyaring senyawa berbahaya di udara, sekaligus memberikan kesan segar di ruanganmu.

Warnanya yang indah juga bisa bikin mata kamu senang dan membantu kamu lebih rileks. Tanaman ini menyukai sinar matahari, jadi pastikan kamu meletakkannya dekat jendela.

9. Pakis Gunung

Jika udara di rumahmu kering karena panasnya di luar atau AC terus menyala, maka tanaman pakis gunung bisa jadi solusinya. Pakis gunung, atau yang juga disebut pakis boston, bisa menambah kelembaban udara. Dengan begitu, tanaman ini bisa mengurangi risiko kulit kering, sakit tenggorokan, batuk, dan masalah lainnya. Selain itu, tanaman ini juga membantu pernapasan karena bisa menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen.

Kamu bisa menyimpan pakis gunung di tempat yang teduh. Tidak perlu sering-sering menyiram pakis gunung, karena tanaman ini bisa menjaga kelembabannya sendiri. Pakis gunung bisa disiram saat tanahnya sudah terlihat kering.

10.  Monstera

Monstera menjadi tanaman yang sangat populer beberapa tahun lalu. Tidak hanya untuk dipelihara sebagai tanaman hias, banyak orang juga memanfaatkan gambar daunnya untuk desain sprei, sarung bantal, wallpaper, dan bahkan botol minum.

Selain membuat udara di dalam ruangan lebih bersih, monstera juga bisa membantu mengurangi tingkat stres kamu. Nah, kalau kamu suka belajar atau bekerja di kamar, tanaman ini juga bisa membantu meningkatkan fokus dan produktivitas.

Demikian rekomendasi 10 tanaman hias pembersih udara dalam rumah yang bisa kamu pilih. Selain memperhatikan manfaat dan kecantikannya, kamu juga harus aware terhadap cara merawatnya agar tanaman yang kamu pilih tidak cepat layu dan mati.

Just an ordinary people.