...

Wajib Punya! 12 Perkakas yang Harus Ada di Rumah!

"Sebuah rumah yang lengkap takkan pernah luput dari kehadiran perkakas yang berguna dan bermanfaat."

Berbagai macam perkakas biasanya dibutuhkan di berbagai macam tempat, seperti di tempat konstruksi hingga untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Hal ini tentu jangan sampai disepelekan karena suatu saat kamu pasti membutuhkannya. -MegaBaja.co.id

Perkakas seperti palu, paku, obeng dan sebagainya seringkali diabaikan keberadaannya di rumah. Namun, disadari atau tidak, terkadang kita juga membutuhkan alat-alat tersebut. Banyak orang yang tidak mementingkan ketersediaan perkakas karena berpikir bahwa alat-alat tersebut tidak akan sering dipakai. Padahal, saat kondisi tertentu, penggunaan perkakas ini sangatlah bermanfaat dan bisa menghemat pengeluaran, lho!

Sebelum beranjak pada pembahasan selanjutnya, terlebih dahulu kita kenali dulu apa makna sebenarya dari perkakas?

Dalam pengertiannya, perkakas berarti sebuah gabungan alat yang memiliki berbagai macam fungsi. Mulai dari mendorong, menampung, mengukur, memotong dan sebagainya. Kumpulan alat-alat ini sejatinya akan mempermudah berbagai macam pekerjaan, khususnya pekerjaan konstruksi hingga DIY.

Nah, setelah mengetahui ap aitu perkakas, apakah kamu sudah bisa membayangkan perkakas apa saja yang wajib ada di rumah bagi pemula? Jika belum, Simak penjelasan di bawah ini mengenai perkakas yang wajib kamu miliki di rumah! Check it out!

12 Perkakas yang Wajib Ada di Rumahmu

1. Paku

Yang satu ini merupakan salah satu perkakas yang wajib ada di rumah apalagi jika kamu sering menempelkan atau merekatkan benda satu sama lain. Paku memiliki jenis yang beragam, untuk kebutuhan rumah tangga kamu bisa menggunakan paku biasa dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan adanya paku di rumah, kamu tidak akan lagi kesulitan jika butuh alat untuk menempelkan sesuatu di dinding atau pun merakit perabotan. Bisa digunakan untuk membuat gantungan di dinding, menggantungkan bingkai foto, merekatkan dua benda dan sejenisnya.

2. Palu

Ada paku tentu ada juga palu. Walaupun paku bisa ditanam dengan benda padat lainnya, akan tetapi jika menggunakan palu maka pekerjaanmu akan terasa lebih mudah. Selain sepasang dengan paku, palu juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Pastinya, memiliki palu di rumah bisa meringankan pekerjaan kasarmu.

3. Obeng

Saat ini banyak sekali jenis perabotan yang dijual dengan Teknik bongkar pasang, beberapa bagian perabotan tersebut biasanya berbentuk belahan yang kemudian disatukan menggunakan baut. Untuk mengencangkan bautnya sendiri, kamu bisa menggunakan obeng. Sehingga penggunaan obeng akan sangat bermanfaat pada pekerjaan ini.

Obeng juga akan sangat berguna untuk pekerjaan rumah lainnya yang berhubungan dengan baut. Saat keadaan darurat, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing untuk mencari obeng. Seperti knop pintu yang kendur, jemuran aluminium yang lepas dan masih banyak lagi.

4. Gunting Kabel

Jika kamu suka mengotak-atik kelistrikan secara mandiri di rumah, maka yang satu ini wajib dimiliki dan jangan sampai terlewat. Gunting kabel pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan gunting pada umumnya, hanya saja ukurannya lebih besar dan tekanannya lebih kuat karena fungsinya adalah untuk menggunting bagian kabel yang terkelupas.

Alat ini sangat berguna untuk perbaikan kelistrikan di rumahmu. Jika terdapat kabel yang rusak, maka kamu bisa segera memperbaikinya dengan mudah dan tidak perlu menyewa jasa sehingga bisa menghemat biaya juga.

5. Bor Tangan

Fungsinya hampir mirip dengan obeng namun dengan teknologi yang lebih canggih. Jika obeng digunakan menggunakan tenaga manusia, maka penggunaan bor tangan akan lebih mudah karena dibantu dengan tenaga listrik. Selain untuk menguatkan baut sama seperti obeng, fungsi bor tangan juga bisa digunakan untuk melubangi permukaan. Mulai dari permukaan kayu hingga dinding.

Jika kamu adalah orang yang suka berkreasi dan mengerjakan pekerjaan kasar di rumah, memiliki bor tangan merupakan sebuah jalan pintas untuk meringankan pekerjaan. Walaupun harganya terbilang cukup mahal untuk perkakas rumahan, namun fungsinya cukup sepadan dan alatnya pun bisa bertahan lama.

6. Kunci Pas dan Kunci Inggris

Alat yang berikutnya memiliki fungsi yang mirip dengan obeng, yaitu untuk mengendurkan atau menguatkan baut. Bedanya, kunci pas digunakan pada baut dengan kepala berbentuk kotak hingga segienam. Sedangkan kunci inggris memiliki fungsi yang sama namun untuk ukuran baut yang lebih beragam. Hal tersebut karena ukuran rahang tetap pada kunci inggris bisa diubah sesuai kebutuhan dengan mengatur ulir penyetelnya. Memiliki kedua kunci ini di rumah tentu bisa membantu kamu di saat darurat.

Kunci Pas dan Kunci Inggris

7. Skrup dan Baut

Alternatif lain untuk merekatkan dua buah benda selain paku adalah baut dan skrup. Kedua alat ini akan sangat berguna jika ada di rumahmu, apalagi jika kamu senang merakit sesuatu seperti furniture dan alat-alat rumah tangga lainnya. Akan tetapi, penggunaan skrup dan baut ini akan lebih mudah jika digunakan bersamaan dengan bor. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika kamu hanya memiliki obeng atau pun palu, hanya saja tenaga yang dikeluarkan akan lebih berat.

8. Pisau dan Golok

Jenis-jenis pisau dan golok juga sebaiknya selalu tersedia di rumah. Selain untuk aktivitas memasak, pisau dan golok juga tentunya akan sangat membantu jika kamu senang berkebun atau memiliki beberapa macam tanaman di halaman rumahmu. Golok bisa kamu gunakan untuk merapikan pohon-pohon rimbun yang menutupi pemandangan dan tentunya kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan alat ini.

9. Asahan

Memiliki pisau dan golok tentunya akan lebih bagus jika menyediakan asahan atau alat pengasah. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir pisau dan golok menjadi tumpul sebab kamu sudah memiliki pengasahnya sendiri.

10. Cangkul

Baik yang berukuran besar atau pun kecil, jika kamu senang berkebun atau setidaknya memiliki lahan tanah di sekitar rumah, maka cangkul menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki. Selain untuk menggali tanah, cangkul juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan taman atau halaman dari rumput-rumput liar. Untuk kegiatan berskala ringan, kamu bisa gunakan cangkul berukuran kecil, sedangkan untuk kegiatan berat, pilihlah cangkul besar. Dan jika kamu sangat aktif mengelola taman di rumah, sebaiknya kamu memiliki kedua ukuran tersebut.

11. Meteran

Alat yang satu ini mungkin sering disepelekan, padahal pada saat-saat tertentu meteran sangatlah dibutuhkan. Misalnya jika kamu hendak membangun atau membuat sesuatu, kamu bisa mengukurnya sendiri di rumah tanpa harus ragu akan salah ukuran. Meteran biasanya memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk digunakan dan sangat praktis. Maka jangan ragu untuk membeli meteran supaya kegiatan ukur-mengukur bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan akurat.

Meteran

12. Tangga

Yang terakhir adalah tangga. Banyak sekali yang merasa tidak membutuhkan tangga di rumah sehingga saat terjadi keadaan darurat, sibuk mencari pinjaman ke tetangga. Maka prioritaskanlah untuk membeli tangga untuk kebutuhan di rumah. Walaupun harganya relative mahal, akan tetapi fungsinya akan bertahan lama.

Jika rumahmu terlalu kecil untuk menyimpan tangga dan merasa terlalu ribet, maka saat ini sudah banyak jenis tangga lipat yang praktis dan mudah untuk dibawa maupun disimpan di ruangan kecil. Jadi saat ada situasi yang mengharuskanmu untuk naik ke ketinggian, tangga sudah tersedia dan akan mempermudah pekerjaanmu.

Nah, itulah 12 daftar perkakas yang wajib ada di rumahmu. Tidak peduli kamu pemula atau pun ahli, dengan bantuan alat perkakas di atas, kamu bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan proyek kecil-kecilanmu di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Just an ordinary people.