...
Intip 10 Trik Membuat Denah Rumah Sederhana untuk Pemula!
Intip 10 Trik Membuat Denah Rumah Sederhana untuk Pemula!

Intip 10 Trik Membuat Denah Rumah Sederhana untuk Pemula!

Apakah pernah terlintas dalam pikiran kamu, bahwa merancang denah rumah sendiri dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan? Karena, dengan membuat denah secara mandiri, selera dan kebutuhan keluarga kamu mampu terpenuhi. -MegaBaja.co.id

Secara keseluruhan, denah merupakan gambar yang menunjukkan di mana suatu lokasi atau tempat itu berada. Denah disusun dengan maksud memudahkan penemuan tempat tertentu, hal ini berlaku juga untuk denah rumah.

Memahami cara membuat denah bukan hanya sebagai alat visualisasi ide dan kebutuhan, lho. Melalui desain denah yang dirancang sendiri, kamu bisa mewujudkan rumah impian kamu. Komunikasi kamu dengan desainer interior atau arsitek yang jasanya kamu pakai juga akan lebih lancar.

Kamu mungkin berkeinginan untuk menyajikan ide, tapi bingung harus dimulai dari mana, atau sebenarnya bagaimana sih menciptakan denah rumah yang ideal itu?

Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah demi langkah membuat denah rumah, yang bisa diikuti semua orang. Meskipun tidak berpengalaman dalam bidang interior atau arsitektur.

Tapi, sebelum melangkah lebih jauh, yuk kita bahas apa itu denah rumah terlebih dahulu.

Pengertian Denah Rumah

Denah rumah, atau yang dikenal juga dengan floor plan adalah gambaran skala atas ruangan atau bangunan. Berbeda dengan peta yang disusun untuk wilayah yang lebih luas, denah hanya mendeskripsikan satu ruangan saja.

Nah, satu ruangan ini akan digambarkan secara menyeluruh baik dalam bentuk satu lantai bangunan maupun satu ruangan tertentu. Gambar denah memuat ukuran bangunan, perabotan, atau apapun yang diperlukan untuk rencana bangunannya.

Floor plan sangat praktis dalam membantu kita mencari lokasi dan mengukur besar kecilnya ruangan. Denah juga berfungsi sebagai alat untuk merencanakan sirkulasi dan dimensi ruangan guna memastikan jalan masuk atau keluar rumah. Jadi, dengan denah rumah impian, pemilik akan mudah menemukan pintu, ventilasi dan furniture di setiap ruangan rumah.

Menyusun denah sendiri biasanya akan menuntut usaha dan alokasi budget yang lebih besar. Sangat berbeda jika kamu membeli properti yang telah jadi dari pengembang. Hanya saja, tingkat kepuasannya pasti berbeda. Saat merancang sendiri, kamu bebas menerapkan ide sesuai keinginan. Begitu pula ruangan-ruangan dan besar ukurannya dapat kamu tentukan sendiri.

Menciptakan denah memang tidak semua orang bisa. Tapi kamu dapat mempelajarinya, dimulai dari yang sederhana. Lalu, apakah membuatnya rumit? Daripada penasaran, mari simak panduannya di bawah ini.

Cara Membuat Denah Rumah Sederhana

Banyak yang memutuskan untuk mendesain huniannya sendiri. Sebab, tata letak dan ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Alhasil, rumah menjadi lebih nyaman untuk dihuni.

Pembuatan denah rumah sendiri tidak memerlukan keterampilan khusus. Prosedurnya cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kamu masih ragu, cobalah ikuti beberapa tahapannya di bawah ini.

1. Kumpulkan Inspirasi dan Referensi

Langkah pertama dalam pembuatan rumah yang simpel adalah mencari dan mengumpulkan ide-ide inspirasi. Bagaimana kita akan menentukan letak ruangan jika referensinya saja tidak ada? Jadi, cari terlebih dahulu ide-ide tersebut.

Kumpulkan Inspirasi dan Referensi
Kumpulkan Inspirasi dan Referensi

Referensi tersebut bisa kamu peroleh dari majalah-majalah arsitektur dan desain, menghadiri pameran perumahan, berkunjung ke rumah teman, atau yang lebih simpel browsing di internet. Jangan hanya fokus pada satu referensi saja.

Explore beberapa referensi yang menarik bagi kamu. Kemudian, jadikan inspirasi untuk membangun rumah impian. Tidak harus menyisihkan waktu khusus, kamu bisa melakukannya di waktu luang sambil bersantai.

2. Menentukan Model Hunian

Langkah berikutnya dalam merencanakan denah rumah sederhana adalah memilih model rumahnya. Maksudnya, kamu perlu menetapkan apakah akan membangun rumah satu lantai, dua lantai, atau yang lebih besar dari itu. Karena masing-masing tipe memiliki desain yang berbeda.

Contohnya, jika kamu memilih untuk membangun rumah dua lantai, maka kamu harus membuat dua denah terpisah untuk setiap lantainya. Selanjutnya, tentukan jenis ruangan apa saja yang akan ada pada masing-masing lantai.

3. Observasi Ukuran dan Kebutuhan Setiap Ruangan

Ketika denah rumah sederhana dirancang, perhatikan apa yang diperlukan di setiap ruangnya. Pastikan kebutuhan pokok kamu terpenuhi. Misalnya, jika kamu menginginkan ruang rias di dalam kamar tidur, maka pertimbangkanlah ukuran dan lokasinya.

Observasi Ukuran dan Kebutuhan Setiap Ruangan
Observasi Ukuran dan Kebutuhan Setiap Ruangan

Sebagai contoh lainnya, ketika kamu ingin menghubungkan ruang makan dan dapur, disarankan untuk meriset kebutuhan tiap ruangnya agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai hanya karena satu ruangan, ruangan lainnya terganggu.

Berikutnya, pelajari apakah  ada ruangan yang mengharuskan bukaan atau tidak. Mempelajari ukuran dan kebutuhan tiap ruangan penting agar susunan ruangannya cocok dan tidak menimbulkan masalah.

4. Menentukan Jumlah Ruangan

Buatlah daftar jumlah masing-masing ruangan. Mulai dari jumlah kamar tidur, dapur, kamar mandi, garasi, ruang tamu dan sebagainya. Pikirkan juga aktivitas yang sering dilakukan di rumah. Apakah aktivitas tersebut merasa perlu ruang khusus atau tidak.

5. Menyelaraskan Ukuran Lahan dan Ruangan

Pada umumnya, saat membeli tanah kosong, ukuran luasnya sudah dihitung. Informasi ukurannya dapat kamu pakai untuk menentukan ukuran tiap ruangan. Atau, jika mau, kamu ukur kembali tanahnya.

Jangan lupa perkirakan panjang dinding dan pintu atap. Ukur juga luas ruangan sesuai kepentingan di dalamnya.

6. Memastikan Zonasi

Zonasi yang dimaksud ialah memadukan letak ruangan berdasarkan fungsinya. Tentukan mana zona pribadi dan mana zona umum. Contoh zona pribadi yaitu kamar tidur dan kamar mandi, sementara zona umum yaitu ruang tamu.

Lalu, tentukan hubungan kebutuhan ruang satu dengan lainnya. Misal, tempatkan kamar tidur dan kamar mandi secara berdekatan. Atau dekatkan dapur dan ruang makan. Yang penting posisi ruangan membuat penghuni di dalamnya merasa nyaman.

Dapat disimpulkan bahwa, zonasi tidak boleh diabaikan. Bayangkan jika ruang makan dan dapur berjauhan. Tentu akan merepotkan kamu ketika akan menyajikan makanan.

7. Mendesain Sketsa Denah

Kamu bisa memulai membuat denah rumah sederhana berbentuk mentah. Supaya lebih mudah, gunakan kertas milimiter block. Mulailah dengan menggambar lahan dengan bentuk skalatis. Contohnya 1 centimeter sama dengan 1 meter.

Mendesain Sketsa Denah
Mendesain Sketsa Denah

Beri pembeda antara gambar jendela dan pintu. Pastikan arahnya sudah benar. Jangan lupa untuk membuat sirkulasi udara dan ventilasi yang baik. Keduanya penting untuk mewujudkan rumah yang sehat.

8. Mencatat Nama Ruangan

Agar ruangan mudah dibedakan, beri nama ruangan secara singkat. Tapi jangan terlalu panjang atau terlalu pendek, ya. Yang terpenting, namanya harus jelas dan mudah dimengerti.

Gunakan singkatan yang lazim dipakai untuk nama ruangan. Seperti KM untuk kamar mandi. Sehingga denah rumah sederhana kamu bisa dipahami dengan mudah.

9. Menyajikan Informasi Rinci mengenai Susunan Perabot

Ketika kamu menggambarkan posisi furnitur atau perabot dalam denah, seringkali akan terlihat ruang sisa untuk bergerak. Oleh karena itu,  penting untuk memperhitungkan apakah masih ada ruang yang tersedia untuk anggota keluarga bergerak di dalamnya.

10. Gunakan Tekstur untuk Membedakan

Apabila kamu berniat untuk menghadirkan tekstur di berbagai ruangan, seperti dinding batu bata di ruang keluarga, kamu bisa menambahkan arsiran dengan arah berbeda. Itu bisa menunjukkan perbedaan tekstur pada tiap ruangan.

Ketika merancang tata letak rumah sederhana, satu gambar denah mungkin tidaklah cukup. Cobalah untuk mencoba berbagai posisi ruangan berbeda. Sehingga bisa memunculkan ide-ide baru yang berguna dalam perencanaan rumah.

Jangan terpaku pada satu hasil saja. Buatlah beberapa alternatif. Dengan cara ini, kamu akan mempunyai pilihan yang beragam dan bisa menentukan pilihan mana yang terbaik.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Semoga artikel ini bermanfaat.

Just an ordinary people.